Mengatasi Cabai Terkena Lalat Buah


Apa Kabartani - Lalat buah (Bactrocera sp.) adalah hama yang banyak menyerang buah-buahan dan sayuran, termasuk tanaman cabai. Serangan lalat buah diperkirakan mencapai 4.790 ha dengan kerugian Rp 21, 99 miliar. Lalat buah merupakan salah satu hama penyebab gagalnya panen.

Gejala Serangan

Lalat betina dengan ovipositornya menusuk buah dan meletakkan telurnya dalam lapisan epidermis. Pada waktu menetas, larvanya akan memakan daging buah hingga warna buah menjadi jelek dan tidak dapat dimakan. Biasanya serangan lalat ini diikuti hama lain. Telur kadang diletakkan tidak hanya di dalam buah, tetapi juga pada bunga dan batang. Batang yang terserang akan menjadi bisul. Sementara itu buahnya akan menjadi kecil dan berwarna kuning.

Akibat Serangan

Misalnya pada tanaman cabai, Ciri dari cabai yang terkena serangan hama lalat buah adalah warna kulitnya menjadi hitam mengeras, busuk sehingga mengurangi kuantitas dan kualitas hasil produksinya, dan menyebabkan cabai akan gugur sebelum waktunya. Akibat serangan lalat buah, buah akan gugur sebelum waktunya, hitam mengeras, dan busuk sehingga mengurangi kuantitas dan kualitas hasil produksinya.

Simak juga: Bahan Alami Pengendali Hama Lalat Buah

A. Bagamana cara mengatasi lalat buah yang menyerang cabai?
B. Sudah dipastikan kalau ada larvanya pak?

A. Sudah pak
B. Untuk mengatasi lalat buah bisa menggunakan yellow sticky trap atau feromon. Atau anda bisa membuat pagar paranet, kemudian lalat disekitar tanaman dikompres, pakai lampu solar sell saat malam, bawahnya dikasih air, jangan dinyalakan pada tanggal 10-19 karena banyak kepik bermigrasi.

A. Apa yang menyebabkan lalat buah bisa menyerang caba?
B. Karena memang cabai merupakan salah satu inangnya, khususnya salah satu jenis lalat buah yaitu Bactrocera carambole untuk meletakan telur dan menyempurnakan siklus hidupnya yaitu berkembang biak.

A. Saya baru menjumpai tanama cabai yang saya tanam terkena serangan lalat buah, padahal sebelumnya tidak pernah terkena lalat buah.
B. Mungkin bisa dilakukan perempelan pak, karena ada pengaruh juga kelembaban dan suhu mkro, saya kurang hafal untuk kelembaban berapa persen lala buah meletakkan telurya, mungkin kelembabannya sesuai untuk lalat buah dalam hal ini.



Demikian informasi tanya jawab mengenai cara Mengatasi Cabai Terkena Lalat Buah, semoga informasi ini bermanfaat bagi cobat tani sekalian.

Comments