Keunggulan Jajar Legowo, Dalam Teknik Penanaman Padi



Apa Kabartani - Keunggulan Jajar Legowo, Dalam Teknik Penanaman Padi. Jajar Legowo merupakan salah satu teknik penanaman padi di Indonesia yang pada pengaplikasiannya dilakukan dengan cara mengatur jarak antar benih padi pada saat penanaman. Sistem ini telah terbukti mampu meningkatkan hasil padi dibanding dengan penggunaan sistem tanam tradisional.

Sistem tanam jajar legowo merupakan salah satu komponen PTT pada padi sawah yang apabila dibandingkan dengan sistem tanam lainnya memiliki beberapa keuntungan atau kelebihan sebagai berikut:

1. Terdapat ruang terbuka yang lebih lebar diantara dua kelompok barisan tanaman yang akan memperbanyak cahaya matahari masuk ke setiap rumpun tanaman padi, sehingga meningkatkan aktivitas fotosintesis yang berdampak pada peningkatan produktivitas tanaman.

2. Sistem tanaman berbaris ini memberi kemudahan petani dalam pengelolaan usahataninya seperti: pemupukan susulan, penyiangan, pelaksanaan pengendalian hama dan penyakit (penyemprotan). Disamping itu juga lebih mudah dalam mengendalikan hama tikus.

3. Meningkatkan jumlah tanaman pada kedua bagian pinggir untuk setiap set legowo, sehingga berpeluang untuk meningkatkan produktivitas tanaman akibat peningkatan populasi.

4. Sistem tanaman berbaris ini juga berpeluang bagi pengembangan sistem produksi padi-ikan (mina padi) atau parlebek (kombinasi padi, ikan, dan bebek).

5. Meningkatkan produktivitas padi hingga mencapai 10-15%.

Simak juga Mengatasi Penyakit Blast dan Hawar Daun Bakteri Pada Tanaman Padi

Comments