Mengapa Selada Layu Terkena Sinar Matahari? Bagaimana Cara Mengatasinya?


Apa Kabartani - Mengapa Selada Layu Terkena Sinar Matahari? Bagaimana Cara Mengatasinya? Menanam selada hidroponik pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan menanam sayuran lain.

Yang perlu diperhatikan terutama adalah kepekatan larutan nutrisinya. Hal ini karena tiap jenis sayuran memerlukan kepekatan nutrisi yang berbeda-beda. Sebagai contoh kebutuhan nutrisi dari tiap sayuran terlihat dari table di bawah ini.

Secara umum, selada (lettuce) adalah jenis sayuran yang tumbuh subur di daerah sejuk (8˚C – 20˚C). Untuk mengatasi agar selada tidak layu terkena panas sengatan sinar matahari, gunakan paranet atau selingi dengan tanaman cabai agar lebih teduh dan bila ditanam menggunakan metan tanah, gunakan mulsa untuk membantu mendinginkan sistem perakaran. 

Tadi bukan berarti tanaman selada tak boleh kena sinar matahari, tanaman selada juga seharusnya mendapatkan sinar matahari yang cukup, agar pertumbuhan setiap helai daunnya tebal, rumpunnya padat tidak memanjang.

Bila menggunakan sistem hidroponik, jaga suhu larutan nutrisi dalam tandon agar tetap dingin. Selain itu volume tandon harus cukup besar dan proporsional dengan jumlah tanaman agar pH nutrisi terjaga.


Gunakan varietas loose leaf, menanamnya langsung dari benih akan memberikan hasil yang terbaik. Mereka akan tumbuh belakangan dalam satu musim dan karena lebih tahan terhadap panas dibandingkan selada bokor dan selada romaine, selada loose leaf jarang menjadi layu di bawah panas sinar matahari.

Comments