Bagaimana Mengatasi Busuk Akar pada Bawang Daun Yang Kena Jamur


Apa Kabar Tani? Semoga sehat selalu ya, oke kali ini saya akan membahas Bagaimana Mengatasi Busuk Akar pada Bawang Daun Yang Kena Jamur. Pembahasan kali ini dambil dari pertanyaan dari seorang petani bawang daun dari Sleman yang masuk ke email saya.

Fokus pembahasan kita hanya seputar bagaimana mengatasi busuk akar yang terjadi pada bawang daun yang disebabkan oleh jamur. Oke lagsung saja, cara penanganannya sebagai berikut.

Tuan Tani : Anda bisa menggunaka biofungisida trichoderma, sebaiknya bibit direndam dulu dengan tricho dan lahan disterilkan sebelum tanam, pasti aman tidak akan moler.

Sobat Tani : Bagaimana kalau sudah moler? apa disemprotin?

Tuan Tani : Semprot dengan dosis yang kuat, pasti membantu.

Sobat Tani : Lalu bagaimana penyemprotan yang baik, pagi atau siang hari? kalau sering hujan bagaimana pemupukannya dikocor atau ditabur?

Tuan Tani : Penyemprotannya dilakukan pada pagi atau sore hari, jika anda menggunakan pupuk organik, misal pupuk kandang, harus difermentasi dahulu supaya tidak bertambah jamur negatifnya. Jika anda menggunakan pupuk kimia maka pemupukannya bedakan 2-7 hari.

Sobat Tani : Karena didaerah saya hujan terus, tanaman saya dari awal tanam belum pernah saya pupuk. Niat saya mau dipupuk za, tapi hujan terus , banyak yang bilang kalau dipupuk pas hujan malah bisa mati, bener gak sih?

Tuan Tani : Bisa saja terjadi, takutnya pupuk larut ketika hujan terus dan terkonsentrasi di lahan tertentu, coba dulu dosisnya separuh saja tiap tanaman dan dipendam disekitar pohon 1 sendok teh saja.

Simak juga:
Demkianlah tanya jawab Bagaimana Mengatasi Busuk Akar pada Bawang Daun Yang Kena Jamur , semoga membantu sobat tani lainnya, jika mengalami permasalahan yang sama.

Comments